Sabtu, 28 Januari 2012

Kebudayaan dan Pertunjukan Lesung Gilo di Kerinci


Kebudayaan dan Pertunjukan Lesung Gilo di Kerinci



Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kerinci, Jambi, menjadwalkan pertunjukan seni khas Kerinci “Lesung Gilo” pada  panggung Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK).

“Lesung Gilo pertunjukan khas dari desa Hiang Kecamatan Sitinjau Laut akan turut dipertunjukkan kepada pengunjung festival danau Kerinci, setelah cukup lama pertunjukan rakyat ini tidak dimainkan masyarakat,” kata Sekretaris Disbudpar Amri Swarta, di Kerinci,

Permaianan serupa, tambahnya, sebenarnya telah berkembang dengan nama atau sebutan berbeda-beda ke seantero kabupaten Kerinci dan sekitarnya, bahkan penyebarannya sampai ke kawasan timur Provinsi Jambi yakni kabupaten Muaro Jambi.

Selain Lesung Gilo, sebelumnya tradisi Niti Mahligai yang telah diolah menjadi seni pertunjukan tari juga telah mendapat tempat di mata publik nasional.


Beberapa tradisi ritual purba lainnya seperti tradisi Debus Kerinci yang disebut Marcok, dan Reog Kerinci yang disebut Basambai atau Tulak Bla, kini juga terus dikembangkan untuk diangkat menjadi sajian kepariwisataan yang menarik, dukungan dari semua pihak sangat dharapkan terutama dari tokoh-tokoh agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar