Sabtu, 28 Januari 2012

Makanan Minuman Khas dan Tradisional kerinci


Makanan Minuman Khas dan Tradisional

Berdasarkan hasil wawancara mengenai makanan minuman khas dan tradisional Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci, didapatkan hasil, yaitu : Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci, merupakan wilayah yang berdampingan dimana keberadaan keduanya tidak dapat dipisahkan. Hingga, masih banyak beberapa persamaan diantara keduanya. Contohnya, beberapa makanan dan  minuman yang khas dan tradisional di Kota Sungai Penuh dan Kab. Kerinci.
Untuk jenis makanan, yang khas yakni dendeng batokok. Dendeng batokok merupakan daging sapi yang telah dibuat pipih sehingga daging sapi tidak terlalu keras dan mudah dimakan, kemudian memasaknya dengan cara dibakar bersama dengan bumbu yang telah disiapkan. Dendeng batokok ini begitu khas disajikan dengan sambalnya, yaitu sambal kecap yang terdiri dari beberapa irisan cabai rawit, cabai merah, dan bawang merah. Wangi asap dari pembakaran daging ini begitu khas dan menggiurkan, sehingga menghilangkan bau daging yang terkadang membuat orang enggan mengkonsumsi daging sapi.
Tidak hanya dendeng batokok, tapi juga daerah ini ada dodol kentang. Dodol kentang berasal dari bahan dasar kentang, dan diciptakan berbagai rasa, mulai dari rasa pandan, gula aren, hingga rasa durian. Dan yang paling khas di Kota Sungai Penuh dan Kerinci, yaitu minuman yang memiliki banyak khasiat, Sirup Kayu Manis. Sirup ini, berbahan dasar asli kayu manis, yang kemudian diolah menjadi sirup. Penyajian sirup kayu manis ini, biasanya disajikan bersama dengan teh hangat, yang kemudian disatukan dan diaduk. Setelah meminum sirup kayu manis ini, tenggorokan dan perut terasa begitu hangat.
Bukan hanya rasa yang menggiurkan, namun khasiat dari sirup ini begitu banyak, diantaranya :
  1. Menghangatkan badan
  2. Mencegah pegal linu
  3. Mencegah reumatik
  4. Melancarkan aliran darah
  5. Mencegah masuk angin
  6. Dan mengembalikan kondisi tubuh
Daerah penghasil sirup kayu manis yang paling terkenal yaitu di daerah Siulak Deras Mudik, Gunung Kerinci.
http://gothadventurer.wordpress.com/2011/04/23/kota-sungai-penuh-dan-kabupaten-kerinci-jambi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar