Sabtu, 28 Januari 2012

Mesjid Agung Pondok Tinggi

Mesjid Agung Pondok Tinggi


Masjid Agung Pondok tinggi merupakan salah satu masjid tertua di Kerinci dan Kota Otonom Sungaipenuh. Masjid yang dibangun pada 1874 M itu merupakan saksi nyata penyebaran Islam ke Kerinci.

MASJID Agung Pondok Tinggi terletak di Dusun Pondok Tinggi, Kecamatan Sungaipenuh, Kota otonom Sungaipenuh. Masjid kuno itu  memiliki arsitektur khas sehingga punya kelebihan dan daya tarik arsitektur tersendiri dibanding masjid lainnya.

Konon Masjid Agung Pondok Tinggi itu dibangun secara bergotong-royong oleh warga Dusun Pondok Tinggi, Kerinci, pada 1874 M. Menurut masyarakat setempat, pembangunan dimulai pada Rabu, 1 Juni 1874, dan selesai pada 1902.

Terkait rancangan masjid, warga dan panitia pelaksana memilih rancangan (desain) M Tiru dari daerah Mandaro. “Untuk mengerjakan rancangan tersebut, dipilih 12 tukang bangunan yang dianggap memiliki keahlian mumpuni.

Cerita yang berkembang di masyarakat juga menyebutkan, pembangunan masjid itu diawali dengan pesta keramaian selama tujuh hari tujuh malam dengan menyembelih 12 kerbau. Selain dihadiri seluruh warga dusun, pesta keramaian juga dihadiri seorang pangeran pemangku dari Jambi.


Masjid Agung merupakan bukti kecerdasan masyarakat lokal mendirikan sebuah bangunan. Proses pembangunan masjid juga menunjukkan kultur komunal yang masih kuat berakar pada masyarakat Kerinci saat itu.
http://www.jambi-independent.co.id/jio/index.php?option=com_content&view=article&id=3308:melihat-sejarah-masjid-agung-pondok-tinggi-bagian-1&catid=2:jambibarat&Itemid=4

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar